Fans PSS Sleman, Brigata Curva Sud Dianggap Terbaik di Asia - portalgoal.com
PORTALGOAL Soccer News
Sabtu, 21 September 2019
Berita Bola Terbaru dan Terkini

Fans PSS Sleman, Brigata Curva Sud Dianggap Terbaik di Asia

Basis suporter PSS Sleman, Brigata Curva Sud 1976, dinobatkan sebagai suporter terbaik di Asia oleh Copa90, sebuah media digital sepak bola.

Berbasis di Youtube, Copa90 berfokus pada tema-tema kultur fans. Mereka alternatif atas peliputan drama transfer pemain-pemain mahal dan kontrak sponsor korporat. Copa90 kini punya 1,3 juta pelanggan channel Youtube dan hampir 2 juta likes di Facebook.

Copa90 mengunggah sebuah video berdurasi 5 menit 29 detik dengan judul “5 Kelompok Fanatik Sepak Bola Teratas yang Luar Biasa” (Top 5 Incredible Asian Ultras). Mereka mengurutkan lima fans garis keras sepak bola dari yang terbawah hingga teratas.

Brigata Curva Sud ternyata ada di urutan pertama. Mereka mengalahkan suporter lainnya yang berada di kawasan Asia, seperti Urawa Boys (Jepang), Frente Tricolor (Korea Selatan), Boys Of Straits (Malaysia), dan Bangal Brigade (India).

Menurut Copa90, Brigata memiliki sekitar 8.000 anggota. Gaya penamaan mereka mirip dengan kelompok fans AC Milan, Brigate Rossonere.

“Sekalipun hanya berada di Divisi 2, mereka selalu memenuhi stadion setiap akhir pekan,” bunyi narasi suara di video itu. “Anda bisa melihat koreografi yang luar biasa.”

Koreografi empat dimensi gambar elang yang digunakan saat pembukaan Piala Presiden 2017 di Stadion Maguwoharjo menjadi salah satu gambar yang ditampilkan di video tersebut.