Preview Barcelona Vs Atletico Madrid : Keganasan MSN Vs Benteng Calderon | Portalgoal.com
PORTALGOAL Soccer News
Jum'at, 26 Mei 2017
Berita Bola Terbaru dan Terkini
luis-suarez-msn-1473853477568

Preview Barcelona vs Atletico Madrid : Keganasan MSN vs Benteng Calderon

Lanjutan jornada ke-5 La Liga Spanyol 2016/17 bakal menampilkan big match antara FC Barcelona kontra Atletico Madrid. Bentrok tersebut akan berlangsung di Estadio Camp Nou, Rabu (21/9) malam waktu setempat atau Kamis (22/9) dini hari WIB.

Media massa di Catalonia, salah satunya Surat Kabar Olah Raga Sport. Menggambarkan laga ini tidak hanya sebagai tim yang sekarang berada di peringkat kedua klasemen sementara (Barcelona) melawan tim peringkat keempat (Atletico). Namun juga sebagai duel antara tim paling ganas dengan tim paling tangguh.

Kenapa bisa begitu? Tengok saja datanya! El Barca kini jadi tim paling produktif di La Liga 2016/17 dengan 13 gol (rataan memasukkan 3,25 per laga). Satu hal yang patut diwaspada oleh El Atleti ialah, awal musim ini Trio MSN (Messi, Suarez, Neymar) milik Barcelona sudah menceploskan 17 gol di berbagai ajang. Rinciannya King Leo menyumbang 8 gol, El Pistolero 7 dan Neymar 2).

Sedang dalam jumlah pertandingan serupa pada awal musim lalu (2015/16) dan dua musim silam (2014/15) di berbagai kompetisi, Trio MSN tercatat cuma menghasilkan 8 gol (Messi 4, Suarez 3, Neymar 1) dan 4 gol (Messi 2, Neymar 2, Suarez baru bermain pada 25 Oktober usai sanksi).

Nah kali ini Trio MSN boleh dibilang bakal ketemu lawan sepadan. Pasalnya, Los Colchoneros sejauh ini merupakan tim dengan pertahanan paling tangguh. Gawang yang dikawal Jan Oblak baru kemasukan sebiji gol dari empat laga awal La Liga (rataan kebobolan 0,25 per laga).

Perlu diketahui bahwa gambaran rapor pertemuan kedua kubu di bawah pelatih yang sama, yakni Luis Enrique di Barcelona dan Diego Simeone di Atletico dalam dua musim belakangan. Seringnya menghasilkan skor ketat dan laga  yang intens. Walau Barca sejauh ini unggul dengan 7 kemenangan dalam 8 bentrok (Simeone selalu kalah dari 4 laga kontra Enrique di liga).

Khusus buat Lucho (julukan Enrique), kemungkinan besar dia mau membalas dendam atas didepaknya Barca oleh Atleti pada babak perempat-final Liga Champions musim lalu. Sedang bagi El Cholo (julukan Simeone), dia wajib mengubah sesuatu dalam rencana taktiknya jika tak ingin rapor duelnya lawan Enrique bertambah buruk.

Akan tetapi, salah satu bek sentral terbaik Enrique musim ini, Samuel Umtiti dipastikan absen di laga ini akibat cedera, ligamen dalam pada lutut kirinya tertarik saat latihan Senin (19/9). Dengan begitu, Jeremy Mathieu akan menemani Gerard Pique di depan gawang Marc Andre ter Stegen.

“Kami harus melakukan banyak hal yang benar, melakukan sedikit kesalahan dan memainkan permainan kami. Pertandingan melawan Atletico tidak pernah mudah. Mereka terus melakukan hal yang sama yang memberikan kesuksesannya selama ini,” tutur Luis Enrique dalam sesi jumpa pers jelang pertandingan.

Lucho juga memuji Atletico dan beberapa pemain yang mereka miliki seperti Antoine Griezmann dan Diego Godin. “Mereka bermain amat solid dalam pertahanan dan mereka adalah yang terbaik. Mereka memiliki kualitas dan mobilitas untuk melakukan penyerangan,” katanya menganalisa. “Melawan tim seperti kami, mereka akan mencari ruang di belakang kami dan kesempatan kedua.”

Apakah Trio MSN bakal dipasang sejak menit awal laga ini? “Saya menyukai mereka bertiga bermain selama 90 menit dari seluruh pertandingan, namun kadang hal tersebut tidak dapat dilakukan. Mereka membutuhkan istirahat. Terkadang saya mendiskusikannya dengan mereka namun terkadang saya memutuskannya di hari pertandingan,” urai Enrique.

Salah satu dari kunci pertandingan Rabu ini, menurut Luis Enrique adalah efektivitas dari kiper. “Mengingat akan menjadi sulit untuk menciptakan kesempatan, maka akan menjadi amat penting (peran dari kiper). Kedua tim saling mengenal dan ini bakal jadi pertandingan yang amat menarik. Saya mengharapkan Camp Nou akan menjadi penuh, karena kami membutuhkannya,” tandas Enrique.

Ganasnya lini serang Barcelona di Liga Spanyol 2016/17
Jornada 1: FC Barcelona vs Real Betis 6-2 (Arda Turan, Messi 2, Suarez 3)
Jornada 2: Athletic Bilbao vs FC Barcelona 0-1 (Rakitic)
Jornada 3: FC Barcelona vs Alaves 1-2 (Mathieu)
Jornada 4: Leganes vs FC Barcelona 1-5 (Messi 2, Suarez, Neymar, Rafinha)

Tangguhnya pertahanan Atletico di Liga Spanyol 2016/17
Jornada 1: Atletico vs Alaves 1-1
Jornada 2: Leganes vs Atletico 0-0
Jornada 3: Celta Vigo vs Atletico 0-4
Jornada 4: Atletico vs Sporting Gijon 5-0