Persaingan Empat Besar: Liverpool Diburu Duo Manchester, Arsenal Mengintip Dari Belakang | Portalgoal.com
PORTALGOAL Soccer News
Jum'at, 24 November 2017
Berita Bola Terbaru dan Terkini
Persaingan empat besar

Persaingan Empat Besar: Liverpool Diburu Duo Manchester, Arsenal Mengintip Dari Belakang

Portalgoal.com – Liga Inggris musim ini begitu menarik bukan hanya dari segi persaingan gelar, namun juga dalam persaingan perburuan tiket Liga Champions musim depan.

Praktis di pengujung bulan kompetisi, hanya ada dua klub yang bersaing di tangga juara, yakni Chelsea dan Tottenham Hotspur. Akan tetapi kita kali ini tidak akan membahas persaingan juara, namun di sini yang akan dibahas adalah siapa saja penghuni empat besar.

Terhitung ada empat tim yang secara statistik memiliki peluang untuk menempati posisi tersebut, di antaranya Liverpool, Manchester City, Manchester United dan Arsenal. Hingga pekan ke-34 persaingan ini masih tetap memanas.

Mari bahas satu per satu peluang masing-masing tim.

1. Liverpool

Liverpool

Liverpool

Dilihat dari tabel klasemen, skuat besutan Jurgen Klopp ini memiliki potensi lebih besar untuk menyegel satu tempat di Liga Champions. Mereka saat ini duduk di posisi ketiga dengan torehan 69 poin hasil dari 20 menang, sembilan seri dan enam kali menelan kekalahan. Tetapi The Reds sudah memainkan satu partai lebih banyak ketimbang para pesaingnya.

Mereka baru saja memenangkan partai ke-35 musim ini atas Watford dengan skor tipis 1-0. Hasil yang sangat penting dan krusial bagi mereka untuk menjaga asa finis empat besar. Dengan ini berarti menyisakan tiga laga lagi untuk dimainkan.

Menarik untuk melihat calon lawan di sisa kompetisi yang harus Liverpool menangkan. Mereka wajib menang! Tiga laga sisa tersebut di antaranya melawan Southampton di kandang (7 Mei), tandang ke West Ham (14 Mei) dan laga pamungkas di Anfield menghadapi Middlesbrough (21 Mei).

Poin manimal yang Sepakbola.com prediksikan bisa diraih Liverpool adalah tujuh poin. Dengan rincian menang atas Soton dan The Boro, dan imbang ketika bertandang ke kandang The Hammers. Jadi poin maksimal The Reds adalah 76.

2. Manchester City

Man. City

Man. City

Sekarang kita bahas dari kubu The Citizens. Mereka saat ini duduk di posisi keempat dengan torehan 66 poin hasil dari 19 menang, sembilan kali imbang dan enam kekalahan, dalam 34 pertandingan. Patut disayangkan, di saat sedang membutuhkan poin krusial, City justru membuang poin di kandang Middlesbrough.

Aguero cs hanya mampu kantongi satu poin dari Riverside Stadium, dan menggagalkan peluang mereka untuk menggusur Liverpool dari posisi ketiga. Dengan ini, mereka masih menyisakan empat pertandingan lagi untuk dimainkan.

Melihat dari empat lawan terakhir yang dihadapi, City sebenarnya memiliki peluang besar bisa menyapu bersih. Apalagi tiga laga di antaranya akan dimainkan di Etihad dan satu laga bermain tandang. Mereka akan menghadapi Crystal Palace (6 Mei), Leicester City (13 Mei) dan West Brom (17 Mei) di Etihad Stadium. Satu laga penutup menyambangi markas Watford (21 Mei).

Secara hitung-hitungan, skuat asuhan Pep Guardiola diprediksi bisa mengoleksi 10 poin hasil dari tiga menang dan sekali seri melawan Leicester City. Berat untuk melawan The Foxes apalagi pada pertemuan pertama mereka dikalahkan dengan skor memalukan 4-2 di King Power.

Jadi, Sepakbola.com memprediksikan City akan mengoleksi total 76 poin.

3. Manchester United

Man. United

Man. United

Bergeser ke Manchester Merah, dari posisi peringkat mereka berada di urutan kelima dengan koleksi 65 poin hasil dari 17 menang, 14 seri dan tiga kali kalah dari 34 pertandingan. Sebenarnya jumlah kalah mereka lebih sedikit ketimbang tim-tim lain dan sama dengan Spurs, namun skuat Jose Mourinho musim ini terlalu banyak mengoleksi hasil seri yang mengakibatkan mereka gagal mendapat tempat terbaik.

Langsung saja, dilihat dari calon lawan United menjadi tim tersibuk dari dua pesaing di atas. Mereka masih harus melakoni partai di Liga Europa. Dengan empat pertandingan sisa, mereka masih harus melakoni tiga partai tandang dan dua d iantaranya partai Big Match melawan Arsenal di Emirates (7 Mei), Tottenham di White Hart Lane(14 Mei), Southampton St. Mary’s (17 Mei) dan menghadapi Crystal Palace di hadapan publik Old Trafford (21 Mei).

Melihat hal tersebut sangat sulit bagi United meraup poin maksimal. Dengan ini Sepakbola.com memprediksikan bahwa United akan memperoleh minimal lima poin. Rinciannya imbang kontra Arsenal dan Southampton, kalah menghadapi Spurs dan menang kontra Crystal Palace.

Jadi, poin maksimal yang diprediksikan bisa diraih MU adalah 70 poin.

4. Arsenal

Arsenal

Arsenal

Sangat sulit memang bagi The Gunners bisa menggapai posisi yang bisa dikatakan favorit mereka empat besar. Hal itu dikarenakan penampilan angin-anginan yang justru terjadi menjelang musim berakhir. Meriam London saat ini berada di urutan keenam dengan torehan 60 poin hasil dari 18 kemenangan, enam seri dan sembilan kekalahan.

Namun The Gunners saat ini baru memainkan 33 partai. Mereka masih akan menghadapi Manchester United (7 Mei), Southampton (10 Mei), Stoke (13 Mei), Sunderland (16 Mei) dan Everton (21 Mei).

Lawan yang berpotensi mengganggu usaha Wenger adalah United, Soton dan Everton. Sepakbola.com memprediksikan poin minimal yang bisa diraup adalah enam poin. Jadi perolehan mereka di akhir musim diprediksi 66 poin.

Kesimpulan

Melihat analisis tersebut, terlihat jelas bahwa yang berpotensi mengamankan dua tiket Liga Champions adalah Liverpool dan Manchester City dengan poin akhir 76. Sementara itu Manchester United di posisi kelima dengan 70 poin dan Arsenal di posisi keenam dengan 66 poin.

Namun semua itu hanya semacam prediksi saja, apapun masih bisa terjadi asalkan semua tim bisa konsisten hingga akhir musim. Kita tunggu saja drama apa yang akan tersaji jelang Liga Inggris musim 2016-17 berakhir.

 

 

By Portalgoal.com