Peraturan Baru Liga1 : 5 Pergantian Pemain | Portalgoal.com
PORTALGOAL Soccer News
Selasa, 23 Mei 2017
Berita Bola Terbaru dan Terkini
pssi-isl-logo-liga-indonesia-pt-640x373

Peraturan Baru Liga1 : 5 Pergantian Pemain

portalgoal.com – CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB) Risha Adi Widjaya, menyebutkan kalau setiap klub bisa melakukan pergantian pemain sebanyak lima kali dalam satu pertandingan. Hal ini disampaikannya setelah melakukan pertemuan dengan para klub di Makostrad, Jakarta, Rabu (29/3).

432048395

Tentu kebijakan baru yang diterapkan ini amat mengejutkan. Pasalnya, pada kompetisi sebelumnya klub hanya boleh mengganti tiga pemain saja seperti di negara-negara Eropa yakni Italia, Spanyol, Inggris, Belanda, dan Prancis.

Namun, menurut Risha aturan baru tersebut dipakai karena ingin membuat Liga 1 berjalan lebih kompetitif. Sebab, ia menilai klub bisa melihat kemampuan para pemainnya dengan pergantian yang semakin banyak.

Risha menjelaskan aturan ini sudah dilakukan saat Piala Presiden bergulir. Walaupun ketika itu, bukanlah PT LIB yang menjadi operator ajang tersebut melainkan PSSI.

“Perubahan yang ada mungkin perubahan susunan daftar pemain yang biasanya 18 menjadi 20, karena ada peraturan U-23 ada yang diwajibkan main di 45 menit pertama dengan mempertimbangkan segala kemungkinan,” kata Risha.

“Supaya kualitas berjalan sesuai dengan yang kita mau, karena kami pernah coba di Piala Presiden untung ruginya kami pertimbangkan. Makanya diputuskan pemain penggantinya jadi lima,” ia menambahkan.

Rencananya, Liga 1 bakal bergulir pada 15 April 2017. Di mana pertandingan Persib Bandung melawan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api ditunjuk sebagai partai pembuka kompetisi sepakbola tertinggi di Tanah Air ini.