Gara-gara Pita Kuning, FA Denda Rp 381 Juta Kepada Guardiola
PORTALGOAL Soccer News
Selasa, 21 Agustus 2018
Berita Bola Terbaru dan Terkini
Gara-gara Pita Kuning, FA Denda Rp 381 Juta Kepada Guardiola

Gara-gara Pita Kuning, FA Denda Rp 381 Juta Kepada Guardiola

London- FA secara resmi menjatuhkan denda kepada Pep Guardiola. Pelatih asal Spanyol dicurigai membuat pesan politik dalam pertandingan oleh FA. Simbol itu berbentuk pita kuning yang selalu dipakai Pep saat menemani City bertanding.

Pita kuning yang dia pakai dibaju maupun jas saat pertandingan membuat FA menghembus kejanggalan ini. FA sendiri beranggapan bahwa pita itu adalam simbol atau pesan politik.

Akan tetapi, Pep Guardiola telah menepis tuduhan itu. Pria Spanyol itu melakukan solidaritas untuk politisi yang berjuang dalam referendum kemerdekaan Catalan. Jordi Cuixart dan Jordi Sanchez adalah simbol pita kuning setelah dia dipenjara oleh pemerintahan Spanyol. Pita kuning sendiri adalah bentuk pencekalan Pep kepada pemerintahan Spanyol. Banyak orang tak bersalah mereka penjarakan, mereka mempunyai keluarga dan pantas kembali kekeluaganya.

Senin kemarin FA menjatuhkan dakwaan kepada Pep. Pep sendiri tak menunjukan permintaan maaf kepada FA, dia meyakini aksinya bukanlah hal berbau politik. Akan tetapi, Pep tetap menghormati peraturan yang dibuat FA sebagai Asosiasi Sepakbola Inggris.

Denda sebesar Rp 381 juta atau 20 ribu pounds secara resmi ditujukan kepada Pep atas perilakunya.

Dalam kasus ini secara spesifik pita kuning merupakan pelanggaran FA. Simbol itu sebagai bumbu politik, Pep Guardiola sebagai Manajer City resmi didenda sebesar 20 ribu pound. Tulis FA dalam akun resminya.

Namun dalam masalah ini, Pep masih bisa lega memakai pita diliga domestik. FA membeaskan Pep untuk memakai pita kuning sebelum pertandingan dan saat konferensi pers.

Pep juga bisa tersenyum lebar saat memainkan pertandingan dikompetisi Eropa. UEFA tak melarang pemakaian pita kuning dipertandingan Champions League.