Alonso: Guardiola dan Mourinho Punya Banyak Persamaan - portalgoal.com
PORTALGOAL Soccer News
Senin, 24 September 2018
Berita Bola Terbaru dan Terkini
mourinho guardiola 2016

Alonso: Guardiola dan Mourinho Punya Banyak Persamaan

Berita Bola, Portalgoal.com – Xabi Alonso memuji Pep Guardiola dan Jose Mourinho sebagai manajer yang memiliki karisma luar biasa dan menilai keduanya memiliki banyak persamaan.

Guardiola dan Mourinho adalah gambaran dua manajer sepakbola era saat ini yang sering dibandingkan satu sama lain. Perbedaan sifat keduanya yang tampak di muka umum menjadikan rivalitas keduanya makin sengit.

Alonso sendiri merupakan sedikit pemain yang beruntung bisa merasakan tangan dingin kedua pelatih tersebut. Bagi Alonso, bermain di bawah Guardiola dan Mourinho adalah pengalaman luar biasa untuknya.

“Keduanya adalah sosok pemimpin alami. Mereka adalah orang yang mampu meyakinkan para pemain.”

“Setiap orang memiliki kepribadian masing-masing namun banyak hal yang membuat keduanya merupakan sosok yang mirip. Contohnya saja keduanya merupakan sosok yang emosional,” tutur Alonso seperti dikutip dari Goal.

Alonso pun kemudian menyebutkan persamaan lainnya yang ada di antara Mourinho dan Guardiola.

“Keduanya bukan hanya membagikan pengetahuan tentang sepakbola namun juga aspek psikologis yang mereka miliki.”

“Untuk mendapatkan tim yang mau bertarung untuk dirimu tentunya merupakan hal yang sangat sulit dan itu merupakan sebuah hal esensial. Tak peduli seberapa bagus pola latihanmu, bila para pemain tak percaya padamu, maka strategi tak akan berhasil,” kata Alonso.

Alonso menghabiskan lima musim bersama Madrid dan sukses memenangkan Liga Champions sebelum pindah ke Munich.

“Tentu saja saya merindukan Madrid karena saya menjalankan lima tahun yang menyenangkan di sana. Saya pun merasa dihormati di sana dan itu hal yang baik.”

“Meskipun mereka menjalani start yang buruk, saya yakin mereka akan berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil bagus di pengujung musim,” ujar Alonso.