Akan Ada Pemain Persib Yang Terancam Dengan Kedatangan Essien | Portalgoal.com
PORTALGOAL Soccer News
Senin, 11 Desember 2017
Berita Bola Terbaru dan Terkini
michael-essien_20170314_182654

Akan Ada Pemain Persib yang Terancam dengan Kedatangan Essien

portalgoal.com, Bandung Kedatangan mantan bintang Chelsea, Real Madrid, dan AC, Milan, Michael Essien, ke Persib Bandung memicu konsekuensi. Bakal ada pemain jadi korban di skuat inti Maung Bandung.

Michael Essien, selama ini bermain sebagai gelandang bertahan. Ia gelandang tipikal box to box yang amat mobil menjelajahi sisi lapangan. Dengan kontrak mahal hampir menembus Rp 10 miliar, sudah barang tentu pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, bakal memaksimalkan benar tenaga gelandang gaek berusia 34 tahun tersebut.

Jika dalam kondisi prima, tidak cedera atau terkena hukuman kartu, Essien dipastikan mengisi satu tempat di posisi gelandang Persib.

Selama ini Djadjang Nurdjaman alias Djanur doyan menggeber formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1. Dalam setiap laga ia memplot dua orang pemain jangkar untuk menjaga keseimbangan permainan Tim Pangeran Biru saat menyerang maupun bertahan.

timthumb

Di Persib sendiri saat ini ada tiga pemain yang posisinya hampir mirip Essien, yakni Hariono, Dedi Kusnandar, serta Kim Jeffrey.

Salah satunya di antara mereka bakal jadi korban, kehilangan kesempatan bermain karena Essien. Djanur yang masih shock dengan kedatangan Essien di Bandung, belum secara spesifik merancang posisi bermain bintang baru Persib.

“Jujur saya tidak menyangka karena manajemen menutup rapat soal perekrutan Essien. Yang pasti saya senang sekali dia gabung Persib. Alhamdulillah, semoga dia bisa memberi kontribusi besar untuk Persib Bandung,” kata Djanur.

Pelayan Sergio van Dijk?

Melihat sepak-terjang Michael Essien di Eropa, Djanur membuka opsi memodifikasi posisi bermain sang bintang. Melihat naluri menyerang gelandang asal Ghana tersebut yang terhitung oke, ia akan diplot sebagai gelandang serang.

“Yang saya tahu dia holding mildfielder, tetapi bisa juga jadi gelandang serang. Intinya saya akan lebih mudah menentukan skema ideal Persib dengan kedatangan dia,” katanya.

Michael Essien, yang kelahiran 3 Desember 1982, bisa jadi disiapkan sebagai pelayan bagi Sergio van Dijk, yang selama ini menjadi penyerang utama di Persib.

Djanur mengakui di tim Persib saat ini sejatinya masih membutuhkan striker asing. Namun, ia tidak bisa merekrut pemain impor tambahan karena kuota legiun asing di Maung Bandung sudah penuh.

Selain Essien, sudah ada Shohei Matsunaga (gelandang serang), dan Vladimir Vujovic (bek tengah).

“Saya berharap ada perubahan regulasi dari PSSI. Klub boleh memakai pemain asing dengan sistem 3+1 (pemain Asia),” tutur Djadjang Nurdjaman.

Namun, jika ternyata PSSI tidak merubah regulasi. Suka atau tidak suka Djadjang hanya mengandalkan sosok Sergio dan menyiapkan Tantan, Angga Febryanto Putra, atau bahkan Shohei sebagai pelapis di sektor depan Persib.