7 Tantangan Menanti Ernesto Valverde Di Barcelona | Portalgoal.com
PORTALGOAL Soccer News
Sabtu, 23 September 2017
Berita Bola Terbaru dan Terkini
Portalgoal.com ,Barcelona – Melalui sang presiden Josep Maria Bartomeu, Barcelona mengumumkan bahwa mereka telah menunjuk Ernesto Valverde sebagai pelatih anyar untuk musim depan. Valverde menjadi suksesor atas pelatih sebelumnya Luis Enrique, setelah menyatakan mundur dari jabatannya di akhir musim ini. Valverde sendiri juga mundur dari jabatan pelatih Athletic Bilbao sesaat setelah musim 2016/17 berakhir.

7 Tantangan Menanti Ernesto Valverde di Barcelona

Portalgoal.com ,Barcelona – Melalui sang presiden Josep Maria Bartomeu, Barcelona mengumumkan bahwa mereka telah menunjuk Ernesto Valverde sebagai pelatih anyar untuk musim depan.

Valverde menjadi suksesor atas pelatih sebelumnya Luis Enrique, setelah menyatakan mundur dari jabatannya di akhir musim ini. Valverde sendiri juga mundur dari jabatan pelatih Athletic Bilbao sesaat setelah musim 2016/17 berakhir.

Dia meninggalkan San Mames selepas empat tahun kebersamannya, dengan menyumbangkan satu trofi Super Copa de Espana sepanjang prosesnya.

Era baru Blaugrana segera dimulai bersama Valverde. Semua berharap pemain Barca era Johan Cruyff itu bisa menuliskan sejarah dengan tinta emas dalam dua tahun masa jabatannya di Nou Camp.

Ekspektasi tinggi jelas berada di pundaknya. Dan berikut tantangan yang sudah menanti seorang Ernesto Velvarde dalam tugasnya melatih raksasa Catalan.

1. Mengembalikan kejayaan Barcelona

barcelona-treble

barcelona-treble

Musim 2016/17 bisa dikatakan sebagai tahun gagal Barcelona setelah tak mampu berbuat banyak di kancah domestik juga melempem di kancah Eropa. Pada musim terakhir Enrique di Barca, pelatih asal Asturia itu hanya berhasil sumbangkan satu trofi yaitu Copa del Rey. Namun gelar itu menjadi yang ketiga beruntun selama Enrique menukangi raksasa Catalan.

Tentunya, mengembalikan kejayaan menjadi tugas berat yang menanti Valverde dalam perjalanannya bersama Barcelona musim depan. Salah satu hal pokok yang harus ia atasi.

2. Meyakinkan Iniesta untuk bertahan

Andres-Iniesta

Andres-Iniesta

Seperti diketahui, kontrak salah satu pemain generasi emas La Masia itu akan berakhir akhir bulan Juni mendatang. Bagi para fans Barcelona tentu tak menginginkan bintang pujaannya kembali pergi usai sebelumnya sudah ada Xavi yang hengkang ke Liga Qatar.

Iniesta masih belum mau menandatangani kontrak baru setelah menjalani musim 2016/17 dengan banyak dibekap serta kerap dirotasi Enrique. Tugas Ernesto Valverde adalah harus meyakinkan peraih gelar Piala Dunia 2010 itu untuk bertahan, dan menjadikannya masuk dalam rencananya yang bisa membuat Iniesta tidak hengkang minimal satu tahun lagi.

3. Mengurangi ketergantungan dengan trio MSN

MSN

MSN

Sejauh ini tak ada masalah dengan lini serang Barcelona yang menjadi andalan utama mereka. Namun ketergantungan akan trio Messi, Suarez dan Neymar masih sangat kental sepanjang musim kemarin. Jika salah satu dari mereka absen, tak jarang itu menjadi bencana besar bagi Barcelona hingga berpotensi kehilangan poin.

Salah satu prioritas untuk pelatih 53 tahun itu adalah bagaimana dirinya menemukan cara lain untuk menang meski Barcelona tanpa harus diperkuat trio MSN secara komplit. Keseimbangan tim sangat diperlukan.

4. Mempercayai lagi pemain dari akademi

La-Masia-2

La-Masia-2

Beberapa pemain akademi La Masia sudah membuat debutnya di bawah arahan Luis Enrique. Namun sedikit di antara mereka yang kemudian mengunci satu tempat di tim utama Azulgrana. Bahkan bisa dibilang tak ada satupun pemain muda yang benar-benar diorbitkan selama Enrique bertugas.

Tugas selanjutnya bagi Ernesto Valverde adalah mengkoordinasikan sistem akademi dengan tim utama. Harus adanya keselarasan tujuan di antara keduanya, sehingga menciptakan dinamika yang pas untuk para pemain muda unjuk gigi. Seperti apa yang pernah Valverde lakukan di Bilbao.

5. Mengatur waktu bermain Messi

Messi

Messi

Dengan Messi yang akan berusia 30 tahun , pastinya akan ada penurunan dari segi kecepatan dan kebugaran. Musim 2016/17 memang sukses dilalui dengan luar biasa oleh bintang asal Argentina itu, namun berkacalah dengan apa yang terjadi dengan superstar Real Madrid Cristiano Ronaldo yang sudah menginjak kepala tiga, performanya mulai menurun.

Namun kejeniusan Zinedine Zidane mengatur jadwal CR7 membuat Real Madrid kini tak terlalu bergantung pada bintang Portugal itu. Ronaldo juga terlihat tak terlalu habis, bahkan masih mampu mencetak 25 gol di La Liga dan 10 gol di Liga Champions.

Jadi, Valverde setidaknya mampu meniru apa yang sudah dilakukan rivalnya dalam menjaga pemain bintangnya tetap bugar, dan bisa menjaga Messi dalam performa terbaiknya.

6. Faktor pendekatan pemain

Bagi seorang pelatih baru, masalah utama yang akan dihadapi adalah pengenalan dirinya ke para pemain. Ini menjadi hal yang sangat krusial, karena kesuksesan seorang pelatih tak lepas dari pendekatan mereka pada pemainnya. Jika ia berhasil memberikan rasa aman dan percaya, maka akan sangat mudah bagi dirinya menerapkan apa yang dia mau dari sang pemain.

7. Menyelesaikan masalah lini belakang

Defence

Defence

Raksasa Catalan musim kemarin terkenal memiliki lini serang yang sangat mematikan, namun mereka ompong juga di barisan pertahanan. Banyak sekali terjadinya error yang dibuat para defender Barca sendiri, dan gawang Ter Stegen tercatat kebobolan sebanyak 37 kali.

Ernesto Valverde harus segera membenahi semua ini, dan menjadikan lini pertahanan Barcelona sulit untuk ditembus.

 

 

By Portalgoal.com