5 Fakta Gio: Pelatih Keturunan Maluku Di Balik Sukses Feyenoord Akhiri 18 Tahun Puasa Gelar Eredivisie | Portalgoal.com
PORTALGOAL Soccer News
Jum'at, 24 November 2017
Berita Bola Terbaru dan Terkini
5-Fakta-Gio

5 Fakta Gio: Pelatih Keturunan Maluku Di Balik Sukses Feyenoord Akhiri 18 Tahun Puasa Gelar Eredivisie

Portalgoal.com – Eredivisie musim ini tak seperti biasanya yang dikuasi oleh klub ibu kota, Ajax Amsterdam dan rival anyar mereka PSV Eindhoven. Seteru klasik Ajax, Feyenoord Rotterdam yang telah lama absen menjuarai Eredivisie kembali menjadi raja Belanda di musim ini.

Hal itu tak terlepas dari peran pria berkulit cokelat keturunan Maluku, Giovanni Van Bronckhorst. Pria berusia 42 tahun itu adalah sosok pelatih yang sukses mengantarkan Feyenoord merajai Eredivisie musim ini.

Bisa sedikit bahasa Indonesia

gio

gio

Pria yang akrab disapa Gio ini memiliki garis keturunan Indoenesia dari ibunya. Dalam beberapa kesempatan, arsitek sukses Feyenoord juara Eredivisie musim 2016-2017 itu mengungkapkan ia masih bisa mengerti bahasa Indoensia dengan logat timur meski tak terlalu banyak.

Lahir dan memulai karier di Rotterdam

gio2

gio2

Gio sendiri mengawali kariernya sebagai gelandang di RVV LMO saat belia kemudian hijrah ke Feyenoord, klub terbesar di kota kelahirannya Rotterdam. Ia kemudian berpindah ke beberapa klub Eropa mulai dari Feyenoord, RKC Waalwijk, Rangers, Arsenal, hingga Barcelona.

Puncak karier di Barcelona

gio3

gio3

Masa keemasan Gio sebagai pemain di level klub terjadi di musim 2005-2006 saat ia menjadi bagian penting Barcelona dalam meraih gelar double winners di musim tersebut. Gio nyaris selalu menjadi pilihan utama di posisi bek kiri di Barcelona, posisi yang baru ia jalani beberapa musim sebelum memperkuat Blaugrana.

Setelah sukses di Barcelona, ia kemudian memutuskan hijrah ke klub yang membesarkan namanya, Feyyenord Rotterdam di tahun 2007. Ia sempat memperkuat klub kampung halamannya itu selama tiga musim sebelum pensiun di tahun 2010.

Cicipi ban kapten Timnas Belanda

gio4

gio4

Sementara itu di tim nasional Belanda, Gio juga bisa dibilang cukup sukes. Bersama De Oranje, pemilik tendangan jarak jauh akurat itu sempat bermain di tiga Piala Dunia (1998,2006, dan 2010) dan di tiga Piala Eropa (2000,2004, dan 2008).

Prestasi terbaiknya di tim nasional Belanda ada di tahun 2010. Saat itu ia tampil sebagai kapten yang mengantarkan Belanda menuju ke final Piala Dunia 2010. Namun, sayang sekali kala itu tim asuhan Bert Van Marwijk kalah dari Spanyol di partai puncak yang digelar di Johanesburg, Afrika Selatan.

Karier kepelatihan gemilang

gio5

gio5

Pensiun sebagai pemain, Gio kemudian mulai menjajaki karier kepelatihan. Ia sempat menjadi asisten pelatih di Feyenoord dan juga melatih tim U-21 klub kota kelahirannya tersebut.

Gio kemudian mulai diangkat sebagai pelatih tim utama Feyenoord di musim panas 2015. Di musim pertamanya sebagai pelatih, ia mulai menampakan optimisme tinggi dengan sukses memenangkan KNVB Baker di musim perdananya.

Kesuksesan di musim pertama itu membuat Gio dan seluruh pemain Feyenoord tampil lebih ganas di musim kedua. Dan, di musim 2016-2017, Feyenoord di bawah kepemimpinan Van Bronckhorts mampu menujaarai Eredivisie setelah terakhir kali mereka melakukannya di musim 1998-1999.

Kemenangan itu terasa dramatis karena diraih di pertandingan terakhir musim ini. Dirk Kuyt dan kawan-kawan bahkan hanya unggul 1 poin saja dari Ajax yang mengisi posisi kedua.

Dengan keberhasilan menjuarai Eredivisie musim ini, Feyenoord akan berlaga di fase grup Liga Champions musim depan. Mari kita tunggu kiprah Giovanni Van Bronckhorst dan pasukannya di kompetisi tertinggi antar klub Eropa itu musim depan.

 

 

By Portalgoal.com